APA ARTI NAMAKU (2)

Nama seperti dalam tulisan terdahulu mengandung makna doa, harapan, kebanggaan nasab dan sejarah, tetapi dalam menentukan atau menemukan sebuah nama untuk diberikan dan disematkan kepada anak kita sering mengalami kesulitan. Karena hal itu, kebanyakan orangtua minta dibuatkan oleh orang-orang yang dipercaya, yang dihormati, yang dianggap dekat dengan keluarga besar, seperti pemuka agama, pemuka adat, para orangtua dari kita (kakek atau buyut dari anak kita) atau sekedar mengotak-atik dengan menggabungkan nama antara suami istri atau nama kota kelahiran suami istri. Setelah nama sudah jadi, terkadang baru kita sadar nama tersebut tanpa makna padahal sudah tercatat di akta kelahiran dan kartu keluarga. Sebagai jalan keluar ketika sang anak sudah dewasa maka nama diganti atau ditambah dengan nama dewasa, atau ada sebagian adat memberikan nama kebesaran adat, atau diistilahkan nama tuanya.

Untuk membantu Anda, ada cara mencari nama dengan skema yang nanti akan sedikit diuraikan di bawah ini. Kita ketahui ketika memberi nama anak maka yang terpikir dibenak orangtua adalah yang pertama harapan atau doa untuk sang anak, kemudian terkadang diselipkan juga sebuah makna kenangan yang terkandung. Di dalam agama Islam, Rasulullah bersabda: “ kamu sekalian pada hari kiamat  akan dipanggil dengan nama kamu dan bapak kamu, maka hendaklah kamu memperindah nama kamu”(hadist riwayat Abu Daud). Jadi sesungguhnya nama diberikan kepada anak di dunia kekal digunakan di akhirat dan jangan sembarangan memberi nama. Kebanggaan terhadap nama di dunia juga bisa menjadi kebanggaan terhadap nama di akhirat.

Secara garis besar nama memiliki makna yang berhubungan dengan kenangan dan harapan. Kenangan ini bisa berhubungan dengan  waktu, tempat, keluarga atau seseorang, dan harapan ini berhubungan dengan religi, sosial dan budaya. Masing-masing sub dibagi-bagi lagi menjadi sub-sub, seperti berikut:

1.Kenangan

a.Waktu

1)Tanggal, Hari, Bulan, Tahun, atau Abad, atau yang semakna

2)Waktu atau Saat kelahiran, atau yang semakna

3)Sebuah peristiwa yang berkesan, atau yang semakna

b.Tempat

1)Tempat kelahiran

2)Tempat orangtua, atau leluhurnya

3)Tempat kenangan manis orangtua, maksudnya suami istri.

4)Tempat yang berkesan yang menjadi impian (harapan)

c.Keluarga atau seseorang

1)Nama orangtua

2)Nama leluhur (kakek ke atas)

3)Nama seseorang yang memiliki kesan (teman atau hubungan dengan sejarah)

2.Harapan

a.Religi

1)Kitab suci

2)Bahasa asal diturunkan agama

3)Nama-nama Tuhan, atau Allah SwT

4)Tokoh-tokoh berpengaruh dalam agama

b.Sosial Masyarakat

1)Sifat dan Perilaku

2)Sifat dan ciri sesuatu

c.Budaya

1)Hubungan dengan suatu kebudayaan

2)Hubungan dengan suatu bahasa

Contoh-contoh nama yang ada dari uraian di atas:

1.a.1.Isnaini, Rebo, Arbain, Khamsiyah, Januar, Febri, Aprilia, Martina, Meiliani, Juniar, Yunita, Julia, Agus, Septi, Okto, Okta, Desembra, Desnia, Milenia,Windu, Melani, Mediani, Syawali, Syamsiah, Qomariah, Rajab, Wagimin, Legiran, Wagesan, Kliwon, Ponirah, Frida dan lain-lain (di Barat belum menemukan kosa katanya seperti Mondayman-nama orang Madura…, Saturdayono, atau Thursdayani).

1.a.2.Fajar, Fajrina, Diniati, Laila, Naharuddin, Subhiati, Prihatin, Ashar, dan lainnya

1.a.3.Prabu Revolusi, Gempar, Ribut Waidi, Merdekawati, Ramadhani, Syawal, Aidil Fitri, Adhariah, Gymnastiar, Muharram, Natalia, Pantekosta, Paskah Suzeta, dan lain-lain.

1.b.1.Biasanya nama kota atau Negara, seperti para ulama yang menggunakan seperti ini, seperti al Iraqy, Al Bantani, Al Jawi, Al Palimbany, Buchary (kota Bukhoro, Rusia), Al Baghdady, Al Banjary, Al Maghriby, boleh juga Lahatiani, Medani, Nungki (Gunung kidul), Jakti (Jakarta Timur), Aseka (Asa Merah Sekayu.

1.b.2.Hampir sama dengan 1.a.1.

1.b.3.Fransisca (Perancis atau Paris, bukan Parang Tritis ya…), Yuki (yang maksudnya UK, United Kingdom), Ele Riansyah (Ele, maksudnya LA, Los Angeles), Florentina (berhubungan dengan nama kota di Italia) dan lain-lain, silahkan buat singkatan kota kenangan anda.

1.b.4.Jannah, Nirwana, Adnan, Aden, Wulan, Lintang, Bintang, Marshanda, Venusalita, Samudera, Khazin, Cirus (rasi bintang Cirius atau Syi’ra), Masri (taman Mesir), Mekki (Mekkah), Madani (Madinah), dan lain-lain.

1.c.1. dan 1.c.2.Biasanya mencantumkan sebagian nama orangtua, kakek, buyut, atau puyang, atau leluhurnya, atau nama marga (keluarga besar yang sudah turun temurun) seperti di Sumatera Utara, Lombok, Makassar seperti Andi, La, Daeng, Situmorang, Lubis, Nasution, dan lain-lain, atau Anda membuat marga sendiri.

1.c.3.Merujuk kepada nama-nama yang memiliki sejarah jelas dan yang membuat catatan sejarah baik sejarah lokal maupun dunia, atau sejarah agama. Sementara untuk nama teman biasanya yang memiliki hubungan lintas antar Negara, contoh Keizo (rekan orangtuanya ketika di jepang). Atau merujuk tokoh yang masih hidup tapi memiliki karisma di masyarakat.

2.a.1.Nama-nama yang diambil dari kitab suci berupa nama surat, ayat, atau potongan doa, atau kosa kata yang ada di kitab suci, asal jangan menggunakan nama al Baqarah, Al Jin, Armageddon, al Lahab.

2.a.2.Nama-nama yang berasal atau berbau bahasa asal diturunkan agama-agama atau pusat agama besar, biasanya Bahasa Arab, Sansekerta, Hindi, Yunani, Romawi, yang memiliki arti khusus dan berhubungan dengan perilaku baik agama, contoh Siyam, Abdi, Azka, Hanif, Gusti, Rahmi, Agnes, dan banyak lagi.

2.a.3.Contoh : Dewi, Devi, Dewa, Brata, Wisnu, Brama, dalam Islam di depan nama Allah ditambah dengan kosa kata Abdul yang berarti hambanya … (Abdul Malik, Abdurrahman, dsb), Ethan, Thor, Cindy, Hera, Fortuna, Elva, dan lain-lain.

2.a.4.Biasanya nama-nama para Nabi dan Rasul serta para Shahabat, atau tokoh penyebar agama.

2.b.1. dan 2.b.2.sifat, perilaku, dan cirri sesuatu ini biasa selalu ada hubungan dengan kebaikan-kebaikan, seperti Darma, Kukuh, Gigih, Giat, Bangun, Kuwat, Cantik, Ayu, Terbit, Harum, Cerlang, Faqih, Gilang, Brian, Karin, Ulfa, Fay, Azzam, Hafizah, Hanif, Hanifah, Mukhlis, Emil, Boby, dan lain-lain.

2.c.1. dan 2.c.2.Biasanya dihubungkan dengan cerita, tokoh, peristiwa, tempat, kebiasaan, ritual budaya dan bahasa tertentu, seperti Gareng Rakasiwi, Bagong Kusumodiarjo, Lesmana, Bisma, Gatot (gatotkaca bukan makanan yang berasal dari ubi), Arjuna, Janno, Alexander atau Dzulqarnain, Janus, Astari, Anona, Barca, Sri, Kunti, Ajeng, Kahfi, Luqman, dan sebagainya.

Ada hal lain yang berhubungan dengan nama di luar dua domain di atas, seperti:

1.Urutan kelahiran atau berhubungan dengan bilangan, seperti : Eka, Ika, Eko, Dwi, Tri, Catur, Panca, Septa, Septi, Hekta, Okta, Desi, Mono, Tunggal, Sulung, Nyoman, Wayan, Ketut, dan seterusnya.

2.Hubungan dengan tumbuhan yang memiliki makna yang baik, seperti : Mawar, Melati, Rose, Rosa, Kuntum, Putik, Mayang (pelepah palem atau kelapa pembungkus bunganya), Pandansari, Yasmin, Lili, Anggraeni (anggrek), Delima, Ganda (Harum), Padma (teratai), Laura (tumbuhan yang bermanfaat), Susan (bunga lili), Flora, Melia, Meryl, Bibit, Semi, Tukul, dan lain-lain, asal bukan bunga bangkai saja….

3.Hubungan dengan hewan yang memiliki makna yang baik, seperti : Leo, Leona, Asad, Elang Perkasa, Syena (Elang), Auf (Singa), Aus (Serigala yang gagah), Debra (laba-laba), Jonas (merpati), Ava (burung yang cantik), Pipit, Fay (Burung gagak yang gagah), Singodimejo, Kebowilarang, asal bukan tikusiani  atau curutiawan.

4.Berhubungan dengan benda yang ada di bumi, seperti Intan, Goldi, Pearly, Mutiara, Galuh (permata), Permata, Amber atau Ambar+wati (permata), Kesumawijaya, Taj (mahkota), Moza (air mancur), Bing (lubang seperti cawan), Arka (anak panah), Aureal (seperti emas), Barry (lembing), Lyna (riam air kecil atau gemericik), Stein = Stone (batu), Wendy (panah putih), Radian (busur panah),Bara,  horn+by (tanduk),  Moya (air), Woody (kayu), dan sebagainya.

5.Berhubungan dengan benda atau sesuatu yang ada di langit, seperti Surya, Mentari, Bintang, Lintang, Che (bintang), Cherryl,  Wulan, Candra, Mega, Guruh, Guntur, Cirus (nama jenis awan yang tipis atau nama rasi bintang), Marshanda, Venusalita, Kejora, Bayu, Iris (pelangi), Violet (warna cahaya), Nur, Cahya, Nila (sama dengan violet atau unggu), Nirwana, Jannah, Juno, Naim, Aurora, Aura, Barca (cahaya), Zora (fajar menyingsing), Zahra, Ufuk, Harison=Horizon, Tama (Halilintar), Luna, dan lainnya asal bukan kometiawan atau meteoriono.

Selamat merangkai nama untuk anak buah jantung hati Anda.

GoesPrie, 12 – 1 – 12

About these ads