Aku Takut…

Ada sebuah cerita, seorang guru harus menghadapi seorang orangtua yang komplain berat terhadap sesuatu hal berkenaan dengan anaknya. Sang guru bingung karena masih baru dan belum pernah menghadapi kasus ini. Gambaran yang ada di benak guru adalah sang orangtua siswa marah-marah, membentak dan mencela karena ketidak puasaannya. Takut tidak bisa menjawab dan takut tidak bisa menjelaskan duduk persoalannya, karena sudah takut, dan takut.

Akhirnya sebuah advice atau nasehat disampaikan ke guru tadi, hadapi dan hadapi, kapan lagi akan mendapatkan suatu ilmu yang tidak pernah didapat di bangku kuliah atau di pelatihan-pelatihan kompetensi manapun. Ada masalah ada solusi, ada masalah besar pasti ada solusi terbaik. Dan akhirnya pula sang guru menemui orangtua siswanya dengan cara datang bersilahturahmi ke rumahnya.

Apa yang terjadi? Diluar dugaan, diluar sangkaan, diluar perkiraan. Apa yang selama ini ditakutkan tidak pernah terjadi dan tidak pernah ditemui, yang ada hanyalah keakraban komunikasi dan solusi. Dan sang guru pulang kembali ke sekolah dengan segudang ilmu yang didapat, senyum terpancar di wajah penuh kepuasan dan…dapat oleh-oleh lagi.

Hikmah:

  1. Hilangkan prasangka buruk terhadap sesuatu, padahal sesuatu itu belum terjadi.
  2. Munculkan dalam diri bahwa segala sesuatu itu dapat menjadi ilmu baru bila dihadapi dengan pikiran positip.
  3. Hadapi dengan tenang, berpikir bahwa setiap masalah pasti ada solusi, semakin besar masalah yang dihadapi pasti ada bentuk penyelesaian terbaik.

(27 Januari 2010, GoesPrie)