PEMUDA USIA MUDA YANG LUAR BIASA

Dalam sejarah peradaban manusia banyak tercatat hal-hal yang luar biasa dan memberikan “bom” inspirasi untuk berbuat baik dan mendatangkan manfaat yang luar biasa bagi orang lain dan lingkungan. Pemuda menjadi bagian di garda terdepan di catatan sejarah tersebut. Secara umum pandangan terhadap pemuda yang memiliki masa mudanya adalah masa-masa indah untuk bersenang-senang, masa-masa untuk unjuk gigi dan jati diri, masa-masa persaingan diri, masa-masa menggapai prestasi, dan masa-masa tebar pesona. Bahkan ada sebuah syair Arab yang mengatakan “Jika pemuda mencapai usia dua puluh tahun belum juga mencapai kemegahan niscaya tidak ada kemegahan lagi baginya. Jika engkau tidak meraih kemuliaan di hari-hari mudamu tidak akan mulia hidupmu sampai tua. Itulah bagian penting dalam usiamu. Rebutlah peluang itu, janganlah biarkan berlalu dengan sia-sia”. Tapi apakah masa itu akan kembali ketika waktu terus berjalan mendampingi umur manusia.

Gambaran lain tentang pemuda adalah diumpamakan sebagai tunas kelapa yang memiliki berbagai potensi dan manfaat ketika berubah menjadi pohon kelapa, mulai dari akar hingga ujung daun. Pemuda juga sering dapat panggilan “Bung” yang diibaratkan sebagai rebung dengan memiliki beberapa karakteristik. Karakteristik rebung mencerminkan karakteristik pemuda yaitu:
1) tegak dan runcing, berarti mereka memiliki sifat idealis dan kritis;
2) cepat tumbuh, berarti mereka memiliki sifat dinamis dan kreatif;
3) memiliki jaket tebal dan berbulu gatal, berarti mereka memiliki sifat eksklusif dan protektif.
Kalau pemuda atau bung tidak memiliki ciri atau karakteristik seperti di atas maka status pemuda tersebut dipertanyakan. Ada yang salah yang terjadi di dalam diri pemuda, seperti salah installing yang terjadi dalam proses pembentukan melalui proses edukasi di rumah, sekolah dan lingkungan.

Ayo PEMUDA, Tunjukkan dan Ekspresikan Jati Diri dan PrestasiMU !!!

(11 Mei 2011, gOEsprIE)